Selasa, 17 Maret 2009

Blog Bisnis Rumahan ? Untuk Apa ?

Pertanyaan bagus. Satu hal sebelum menjawab itu adalah pernyataan bahwa blog ini tidak akan mengajari anda cara menjadi kaya raya dengan menyarankan anda untuk menjadi ini dan itu. Yang utama dari blog ini adalah mengajak anda untuk memiliki pola pikir/mindset yang bisa membawa kesuksesan dalam bisnis rumahan. Dalam kehidupan sehari-hari mungkin anda sering mendengar istilah UKM (Usaha Kecil Menengah), itulah yang dimaksud. Blog ini lebih mendekatkan diri pada hal riil dimana sebuah bisnis dilakukan di dalam rumah, bukan di gedung-gedung pekantoran yang harus anda tuju setiap hari. Inilah bisnis rumahan.

Untuk apa ? Kemandirian Finansial ! Ya, jangan pernah menuduh blog ini adalah perpanjangan tangan MLM, tak akan ada temukan link-link yang mengajak anda untuk bergabung dengan sebuah MLM. Kemandirian Finansial dalam blog ini hanya dicapai dengan usaha yang riil, usaha nyata di dunia nyata, bisnis pribadi yang dilakukan di rumah. Demi kesejahteraan keluarga Indonesia. Itulah inti dari blog ini.



Sebelum anda simak postingan demi postingan setiap hari. Anda kami ajak untuk sedikit mengungkap hal-hal penting yang menjadi modal untuk mengikuti blog ini selanjutnya.
  1. Apakah anda ingin memiliki sumber keuangan yang paling besar di dunia, cukup dengan bisnis rumahan ? Tanpa harus mengumbar janji yang muluk-muluk. Anda dapat menyimak setapak demi setapak informasi yang akan kita bahas mengenai hal itu. Ingat, tak satupun yang akan dijual di blog ini. Anda tak perlu was-was akan menemukan link 'Pesan Sekarang Juga' atau 'Garansi Uang Kembali'.

  2. Apakah anda pernah berpikir bahwa kunci dan pemikiran untuk meraih kesuksesan umum-nya tidak anda dapatkan dibangku sekolah ? Sekolah biasanya mengajarkan pada kita bagaimana mencapai kesuksesan dengan bekerja pada orang lain, bukan dengan diri kita sendiri. Dalam pembahasan-pembahasan di blog ini anda akan mengetahui perbedaan besar antara bagaimana mencapai sukses sebagai orang yang memiliki suatu pekerjaan dan bagaimana mencapai sukses dengan menjadi orang yang bekerja mandiri.

  3. Seperti apakah bisnis rumahan ? Apakah cukup untuk menghidupi keluarga ? Jika anda mulai berminat untuk menekuni bisnis rumahan, dalam blog ini akan ditemukan petunjuk bagaimana memilih bisnis rumahan yang sesuai untuk anda. Atau anda sudah menekuni hal tersebut dan ingin melakukan beberapa perubahan penting dalam bisnis rumahan anda. Tidak akan ada petunjuk spesifik bisnis yang harus anda pilih, semua terserah anda. Blog ini hanya akan membantu anda menemukan sesuatu yang benar-benar pas dengan minat dan kemajmpuan anda. Hal itulah landasan utama dalam berbisnis.

  4. Meningkatkan pendapatan/penghasilan ? Para ahli menyebutkan ada dua pesan utama untuk anda tentang ini, yaitu menjadi pembelajar yang penuh semangat dan komunikator yang efektif. Temukan beberapa trik sederhana namun efektif untuk mengasah kedua keahlian tersebut.

  5. Kelangsungan dan kejayaan suatu bisnis tergantung pada bagaimana mendapatkan dan mempertahankan konsumen, tak terkecuali bisnis anda. Meski memiliki bisnis rumahan, jadilah pemasar sejati, peluang bisnis spot, dan menciptakan visibilitas tanpa mengeluarkan uang sepeserpun untuk promosi dan iklan. Temukan ide-ide tentang bagaimana anda bisa meraup uang dengan jalan memasarkan diri anda sendiri.

  6. Berpikir seperti pemasar sejati, mampu melihat peluang-peluang bisnis dengan jeli, dan bisa menarik perhatian pasar memang sangat penting, namun semua itu tidak akan ada artinya bila tidak ada konsumen yang mau membeli apa yang anda jual. Solusi-nya gunakan secara optimal jaringan dan referensi pribadi untuk membangun bisnis anda, bisa menjual dan jadikan para konsumen anda pelanggan abadi.

  7. Teruslah berkreasi menemukan ide-ide untuk menarik lebih banyak uang. Ikuti perkembangan jaman untuk memunculkan inovasi baru terhadap produk anda. Selain bisnis anda dikenal up to date, penghasilan juga akan semakin bertambah.

  8. Sumber yang paling berharga dalam menjalankan bisnis rumahan adalah waktu dan energi anda. Untuk itu, manfaatkanlah kedua-nya sebaik mungkin. Saat anda dapat mengoptimalkan kedua-nya maka hasil yang anda peroleh juga menjanjikan. Namun jangan sampai anda terpancing untuk memacu kedua hal tersebut segiat-giatnya demi pencapaian target dalam bisnis anda. Selain menimbulkan titik jenuh, hal tersebut juga dapat mengakibatkan kerugian dari pemborosan yang terjadi. Pelajari manajemen waktu yang baik dalam pengelolaan bisnis rumahan anda.

  9. Pelajari, pahami dan gunakan peralatan informasi terkini. Hal itu-lah pendukung utama untuk bisnis rumahan apapun yang anda jalankan. Dengan memahami kegunaan peralatan teknologi tersebut anda akan mengetahui bagaimana menggunakannya dengan bijak. Selain manfaat yang sangat besar, penggunaan teknologi tersebut juga rentan terhadap pemborosan waktu dan biaya. Sekali lagi, pahami teknologi !

  10. Meskipun bisnis rumahan umumnya adalah bisnis perseorangan, dalam kenyataannya tidak seorang pun bisa melakukannya sendirian. Anda butuh konsumen, pemasok, mentor, kolega profesional dan penasihat agar bisnis anda sukses. Hal penting disini adalah bagaimana memilih partner yang tepat dan bekerja secara efektif bersama mereka untuk membantu anda merealisasikan impian-impian anda.

  11. Temukan panduan untuk mengatur diri anda sendiri dan mempertahankan bisnis di masa sulit. Kalau anda menjalankannya sendirian, tidak akan ada yang memberitahu anda apa yang harus dilakukan atau kinerja seperti apa yang dituntut. Dan anda membutuhkan hal-hal yang paling dibutuhkan oleh sebuah kesuksesan, yaitu kesabaran dan ketahanan. Siapa bilang semua itu mudah ? Yang terpenting kalau anda tetap pada jalur, kesuksesan dan kebebasan yang anda inginkan tetap akan menjadi milik Anda. Pendek kata, anda harus belajar bagaimana menjadi bos terbaik bagi diri anda sendiri.

Dari hal-hal yang telah dijelaskan secara singkat diatas, hal yang utama yang harus anda lakukan adalah benar-benar merealisasikannya. Yang terpenting bukan berapa banyak informasi positif yang anda dapatkan tapi berapa banyak informasi itu yang telah anda gunakan untuk kepentingan diri anda sendiri.

Seandainya anda bertanya, apakah bisnis rumahan merupakan bisnis sempurna bagi siapapun ? Tentu saja tidak. Kalau anda bukan orang yang suka memulai segalanya sendiri, bisnis rumahan tidak cocok untuk anda. Kalau anda membutuhkan seseorang yang bisa memberi tahu anda apa yang harus dilakukan dan kapan harus melakukannya, bisnis rumahan berarti bukan untuk anda. Kalau anda anti terhadap yang nama-nya coba-coba dan lebih suka bekerja di suatu perusahaan besar, maka bisnis ini jangan jadikan tujuan anda.

Namun...
jika anda ingin punya waktu yang lebih banyak untuk keluarga, teman-teman dan diri anda sendiri, bisnis rumahan adalah pilihan terbaik. Meskipun amat menarik, bayaran yang paling besar dari menjalankan bisnis anda sendiri bukanlah menjadi seorang miliarder, melainkan kebebasan tantangan, dan kepuasan diri yang besar atas perkembangan diri dan bisnis anda.
Uang hanyalah sarana untuk mendapatkan sesuatu dan cara untuk mengukur saja. Begitu memiliki keberanian memulai, saat itu juga anda memperoleh ganjaran bagi diri anda sendiri. Tujuan utama dari semua ini adalah anda dapat mencapai kemerdekaan pribadi dan finansial yang anda dapatkan berkat bisnis rumahan yang anda rintis dan dengan persyaratan yang anda buat sendiri.

Tiga hal utama yang harus anda pegang untuk memulai bisnis rumahan, yaitu :
  1. Hanya ada satu kesuksesan, yaitu saat anda menjalani kehidupan dengan cara anda sendiri.
  2. Hanya ada satu kemalangan, yaitu saat anda tidak bisa mengendalikan kehidupan anda sendiri.
  3. Hanya ada satu kegagalan, yaitu saat anda berhenti merealisasikan impian-impian anda sendiri.

Hayati ketiga hal diatas, maka memulai sesuatu yang baru demi bisnis rumahan adalah hal yang menyenangkan untuk anda lakukan. Ayo, ajak istri, saudara, anak anda untuk bersama menjalankan kehidupan dalam suatu bisnis rumahan yang menjanjikan kemandirian finansial !

0 komentar:

Posting Komentar